Bangga dan Hormatnya Warga Cianjur Pada Bripka Ase, Polisi Jujur yang Menegur dengan Senyum

Selama ini citra polisi masih banyak dianggap menyusahkan masyarakat, terutama pengguna jalan. Meski hanya oknum, namun masyarakat memang masih banyak menemui polisi yang sengaja mencari-cari kesalahan, lalu memberi surat tilang, bahkan ujung-ujungnya mengajak damai.

Polisi yang bertugas di Cipanas, Cianjur ini berjulukan Pak Ase. Lengkapnya Bripka Ase Kusmana, dan usianya 54 tahun. Pak Ase sudah bertugas puluhan tahun di salah kawasan di pinggir jalan di Cipanas, Cianjur. Entah sudah berapa banyak orang yang dibantu pak Ase menyebrang jalan, mendorong kendaraan beroda empat mogok dan banyak hal lain di jalan raya tersebut.

Akun warga berjulukan Andi Lukman berinisiatif menggalang dana untuk pak Ase ini, yang rencananya akan dihadiahkan sebagai hadiah umroh. Dia membuka rekening di BRI atas nama Pengurus Karang Taruna Cipanas.

Sejak status wacana pak Ase ini ditulis pada 29 mei 2017 lalu, sudah dikomentari oleh 597 orang. Bisa dibilang, semuanya berkomentar positif.
Posisi kerjanya yang tidak berubah sejah bertahun-tahun lalu, membuatnya banyak dikenal orang. Ini menunjukkan begitu kagum dan hormatnya warga Cipanas pada polisi sederhana yang satu ini.

Apa saja sih yang dilakukan Bripka Ase sehingga menuai kebanggaan dari banyak warga Cianjur.
Akun Babahna M Yusuf Alasyadi menuliskan, bahwa tiap hari ia lalu lalang ke pasar. Walau cuaca hujan atau panas, Bripka Ase selalu stanby di jalan tersebut. Bripka Ase bahkan dijuluki polisi surga oleh para sopir dan sebagian masyarakat, kata akun Kang Turky.

Menurut Nus Besmn, pak Ase ini polisi yang sangat baik dan rendah hati. Nus Besm ini benar-benar kenal bersahabat dan sering bersilaturahmi ke rumahnya yang sangat sederhana.

Baca Juga: Alhamdulillah, Masyarkat Cianjur memperlihatkan umrah gratis utk Bripka ASE KUSMANA dan istri.

Bripka Ase ini juga dikenal sangat jarang menilang, namun hanya menegur mereka yang melanggar lalu lintas, ibarat tidak pakai helm. Akhirnya, warga merasa aib dan segan sendiri kalau tak pakai helm, bukan takut ditilang.

Menurut akun Shasha Boutiqe, biasanya Bripka Ase hanya menasehati mereka yang tak pakai helm, dengan berkata,””neng besok besok.pake.helm ya”.
Hal ibarat itulah yang malah membuat warga menjadi segan dan hormat pada Pak Ase.

Akun Yorigie Hardianto juga bercerita ketika motornya lewat tanpa menyalakan lampu, di depan pos 55 kawasan pak Ase bertugas.
Pak Ase hanya menegur dengan sopan dan tersenyum, “Maaf nyalakan lampunya”. (*)

Sumber: Grid

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below