3 GOLONGAN MANUSIA TERKAITNYA RAMADHAN & GOLONGAN MUTAQQIN

Posted by: Tags:

(3 golongan umat berdasarkan sambutannya terhadap datangnya bulan suci Ramadhan) 

1) Golongan pertama yaitu golongan biasa. Golongan ini, hanya menganggap bulan Ramadhan sebagai bulan yang biasa atau tidak istimewa. Saat Ramadhan datang, mereka tidak berpuasa ataupun melaksanakan amal ibadah lainnya. Golongan ini disebut kelompok kafirin/ orang-orang yang kafir. Golongan ini akan tetap makan dan minum sebagaimana pada 11 bulan lainnya dan bahkan makan di depan teman-temannya yang sedang berpuasa. Golongan ibarat ini, nantinya akan masuk neraka dengan wajah hitam pekat. 


2) Golongan yang kedua justru menanggapi datangnya bulan Ramadhan dengan perasaan susah, sedih, dan prihatin. Mereka inilah yang termasuk dalam kelompok orang-orang munafik. Golongan ini berisikan manusia-manusia yang nantinya akan merasa kecewa karena tidak mampu memanfaatkan bulan yang hanya ada setahun sekali ini. Lebih lanjut diterangkan ciri-ciri golongan ini ada 3, yakni kalau berbicara dusta, kalau berjanji selalu ingkar, dan kalau dipercaya berkhianat. 

3) Terakhir, yaitu golongan insan yang kalau datang bulan Ramadhan menyambut dengan bungah/ senang hati. Kelompok ini termasuk oranng-orang muttaqin, yang selalu menjalankan amal ibadah wajib maupun sunnah dengan wajah putih bercahaya karena senantiasa menjaga wudhu dimanapun mereka berada. 



3 (tiga) ciri-ciri golongan muttaqin:  

Ciri pertama yaitu Yunfiquuna fissarrai wa dharraa atau orang yang menafkahkan hartanya diwaktu lapang dan sempit. Golongan ini senantiasa menafkahkan hartanya dalam kondisi apapun baik diwaktu lapang maupun sempit. 
Selanjutnya, golongan muttaqin memiliki ciri-ciri Wal khadziminal ghaidza; yaitu orang yang mampu menahan amarahnya. Amarah dapat merusak tatanan kehidupan bahkan mengakibatkan perselisihan antara suku dan etnik. Janganlah terperangkap dengan emosi atau amarah alasannya dapat mengakibatkan pikiran hilang, perasaan mencekam sehingga penyakit akan lebih datang.

Ciri yang terakhir, adalah Wal fiina aninnass yaitu orang-orang yang mampu memaafkan kepada manusia. Hal ini memang sangat sulit dilakukan, apalagi yang telah mengakibatkan hati dongkol. Tetapi marilah kita mencar ilmu untuk memaafkan orang karena akan memperpanjang umur. 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.