Hikmah Malam Lailatur Qadar yang Harus Diburu Oleh Setiap Orang Islam

Posted by: Tags:
Hikmah malam lailatul qadar – Bulan Ramadhan yaitu salah satu bulan terbaik dan mulya diantara bulan-bulan lainnya. Bulan Ramadhan begitu diistimewakan oleh Allah.
Dan diantara malam-malam dalam Ramadhan itu ada salah satu malam yang sangat istimewa. Bahkan keutamaan malam itu bisa mengalahkan keutamaan bulan dan tahun. Malam itu yaitu malam lailatul qadar.
Saat bulan Ramadhan tiba, kaum muslimin saling berlomba-lomba untuk menerima malam lailatul qadar. Dan mereka akan sangat menyesali jikalau melewatkan malam tersebut.
Lalu, apa yang sesungguhnya mendasari mereka sehingga mereka saling berlomba-lomba untuk menerima malam lailatul qadar tersebut ? Berikut yaitu ulasannya mengenai nasihat malam lailatul qadar:

Malam Lailatul Qadar Adalah Malam Diturunkannya Alqur’an

hikmah malam lailatul qadar
Disebutkan dalam Al qur’an surat Al Qadar ayat pertama: “Ssungguhnya kami menurunkan Al Qur’an pada malam lailatul qadar”.

Abdullah bin Abbas berkata: Tuhan menurunkan Al qur’an secara utuh dari lauhul mahfudz ke Baitul ‘Izzah yang ada di langit dunia. Lalu Tuhan menurunkan Al qur’an kepada Rasulullah secara terpisah sesuai kejadian-kejadiannya selama 23 tahun. (Tafsir Ibnu Katsir)

Malam Lailatul Qadar Lebih Baik dari 1000 Bulan

hikmah malam lailatul qadar
Disebutkan dalam Al qur’an surat Al Qadar ayat ke-3: “Malam lailatul qadar yaitu malam yang lebih baik dai 1000 bulan”.
Imam An Nakho’i berkata: ” Amalan pada malam lailatul qadar lebih baik dari amalan pada 1000 bulan”.
Sedangkan imam yang lain menyerupai Qotadah, Mujahid dan lainnya mengatakan bahwa yang dimaksud lebih baik dari 1000 bulan yaitu bahwa shalat dan amalan yang dilakukan pada malam lailatul qadar lebih baik dari shalat dan puasa pada 1000 bulan yang tidak ada malam lailatul qadarnya. (Zaadul Masir)

Malam Lailatul Qadar Adalah Malam yang Penuh Berkah

hikmah malam lailatul qadar
Disebutkan dalam Al qur’an surat Ad Dukhon ayat 3: “Sesungguhnya kami menurunkannya (Al qur’an) pada malam yang diberkahi dan sesungguhnya kami lah yang memberi peringatan”.
Yang dimaksud malam ini yaitu malam lailatul qadar, yaitu mlam dimana diturunkannya Al qur’an menyerupai yang telah dijelaskan pada poin nomer satu.

Pada Malam Lailatul Qadar Malaikat Jibril Akan Turun ke Bumi

hikmah malam lailatul qadar
Disebutkan dalam Al qur’an surat Al Qadar ayat 4: “Pada malam itu Malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril (Ar Ruh) turun ke bumi”.
Pada malam lailatul qadar berbagai malaikat yang turun ke bumi oleh alasannya yaitu banyaknya keberkahan di malam lailatul qadar. Para malaikat itu turun ke bumi dengan ijin Tuhannya untuk mengurus segala urusan hingga terbit fajar.

Malam Lailatul Qadar Adalah Malam yang Penuh Sejahtera

hikmah malam lailatul qadar
Disebutkan dalam Al qur’an surat Al Qadar ayat 5: ” Sejahtera lah pada malam itu hingga terbit fajar”.
Yang dimaksud dengan salam (sejahtera) yaitu pada malam itu setan tidak bisa berbuat apa-apa, tidak bisa berbuat jelek ataupun mengganggu. Demikianmenurut Mujahid (Ibnu Katsir)
Dan bisa juga diartikan sebagai selamat dari siksa alasannya yaitu pada malam itu mereka telah melaksanakan ketaatan kepada Allah.

Malam Lailatul Qadar Adalah Malam Dicatatnya Takdir Tahunan

hikmah malam lailatul qadar
Disebutkan dalam Al qur’an surat Ad Dukhon ayat 4: “Pada malam itu dijekaskan segala urusan yang penuh hikmah”.
Ibnu Katsir telah menjelaskan dalam kitabnya bahwa penulisan takdir di lauhil mahfudz dalam satu tahun akan diperinci pada malam lailatul qadar, juga dicatatnya maut dan rizki. Demikianlah yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Umar, Mujahid, Abu Malik, Ad Dhohak dan Ulama’ lainnya.
Namun perlu diketahui bahwa catatan takdir tahunan itu telah didahului oleh ilmu dan penulisan Allah. Takdir ini kemudian diprlihatkan kepada para malaikat sehingga mereka tahu apa yang akan terjadi, selanjutnya para malaikat itu melaksanakan tugasnya sesuai yang diperintahkan Allah. Demikianlah keterangan dari Imam Nawawi dalam Syarah Shohih Muslim.

Diampuni Dosanya Bagi yang Menghidupkan Malam Lailatul Qadar

hikmah malam lailatul qadar
DariAbu Hurairah r.a dari Nabi Shallallahu alaihi wasallam, dia bersabda: “Barangsiapa mendirikan shalat di malam lailatul qadar alasannya yaitu kepercayaan dan mengharap pahala dari Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhori)
Demikianlah nasihat yang bisa diambil dari malam lailatul qadar.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.