INILAH BUKTI-BUKTI DASYATNYA SEDEKAH DI HARI JUMAAT

Posted by: Tags:

Bagi umat Islam, Jumat merupakan waktu yang istimewa dari semua hari dalam sepekan. Pasalnya pada hari mulia ini,  Allah SWT  banyak sekali menghadirkan kebaikan-kebaikan dan limpahan rahmat serta kasih sayangnya bagi makhluk. Di antara kebaikan-kebaikan itu yaitu penciptaan langit, bumi, dan insan pertama yang merupakan nenek moyang kita, Nabi Adam As.

Jumat juga merupakan hari penuh barokah, dan di hari ini Rasulullah memerintahkan umatnya untuk memperbanyak amal sholeh. Amalan-amalan di hari jumat pun dijanjikan ganjaran pahala yang berlipat ganda. Dari sekian banyak amalan, salah satunya yang banyak dianjurkan yaitu sedekah. Karena, sedekah di hari jumaat akan mendatangkan berkah yang memiliki beberapa keutamaan. Apa saja keistimewaan itu? Berikut paparannya.

Sedekah di Hari Jumat Lebih Baik Daripada Hari Lain

Dikatakan bahwa sedekah di hari jumat lebih utama daripada hari-hari lain. Hal ini sesuai dengan keterangan dari Ibnul Qoyim dalam kitabnya Zadul Ma’ad. Dalam kitabnya, ulama besar itu menyatakan bahwa sedekah di hari jumat memiliki keistimewaan khusus dibandingkan hari lain. Bilamana sedekah di hari jumat dibandingkan dengan hari lain, maka menyerupai perbandingan antara sedekah di bulan ramadhan dengan sedekah di bulan selainnya.

Ganjaran Pahala yang Berlipat

Keistimewaan lain dari berinfak di hari jumat yaitu berlipatnya pahala yang didapatkan. Hal ini termaktub dari hadist riwayat Abi Syaibah, “Sedekah itu dilipat gandakan pahalanya pada hari jumat (yakni bila sedekah itu pada hari jumat, maka pahala berlipat ganda dari hari-hari lain”.

Cara Terbaik dalam Bersedekah di Hari JumaatSedekah di hari jumat hendaknya dilakukan sebelum pergi untuk melakukan sholat jumat. Dan dianjurkan untuk menunjukkan sedekah tanpa diketahui orang lain. Hal ini terdapat dalam keterangan Ibnu Qoyim dalam kitab Zadul Ma’ad yang bunyinya, “Saya pernah melihat Ibnu Taimiyah apabila ia berangkat jumatan, ia membawa apa yang ada di rumah, baik roti atau yang lainnya, dan ia sedekahkan kepada orang di jalan dengan diam-diam. Ibnu Taimiyah sendiri yaitu pemikir dan ulama Islam yang hidup sekitar tahun 661 – 728 Hijriah.

Hal-Hal yang Bernilai Sedekah

Jika sedekah biasa diartikan dengan dukungan uang, maka pendapat itu tidak sepenuhnya benar. Karena apapun yang kita punya, misal makanan, minuman, atau lainnya juga mampu digunakan untuk bersedekah. Jika kebetulan tidak memiliki itu semua, maka amalan-amalan ibadah kepada Tuhan termasuk dalam sedekah. Hal ini mampu kita lihat dalam hadist riyawat Muslim yang berbunyi, “sesungguhnya tiap-tiap tasbih yaitu sedekah, tiap-tiap tahid yaitu sedekah, tiap-tiap tahlil yaitu sedekah, menyuruh pada kebaikan yaitu sedekah, melarang dari kemungkaran yaitu sedekah, dan bekerjasama tubuh dengan istri yaitu sedekah”.

Budaya berinfak pada hari jumat sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Di beberapa sekolah dan instansi pemerintah dan swasta, kebanyakan ada tradisi berinfak di hari jumat. Namun yang perlu diingat, meski sedekah di hari jum’at mempunyai banyak keutamaan, bukan berarti kita jadi menyepelehkan sedekah di hari lain.

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.